3-Mitos-tentang-Wanita-Apa-Kamu-Masih-Percaya
#EmbraceYourBetterSelf, healthy lifestyle

3 Mitos tentang Wanita, Apa Kamu Masih Percaya?

It’s the month of women embracement! Teatoxers pasti tau kan, kalau salah satu perayaan paling penting di bulan April ini adalah Hari Kartini? Walaupun Ibu Kartini merupakan pahlawan dari jaman dulu, kita masih bisa merasakan dampak dari perjuangannya terkait emansipasi wanita hingga sekarang. Tapi, apa saat ini wanita sudah diperlakukan dan dihargai seperti seharusnya? Jangan sampai kita masih terjebak dengan berbagai pola pikir yang salah tentang wanita, seperti ketiga hal ini!

Mitos 1: Wanita terlalu emosional

Wanita seringkali dinilai lebih emosional daripada pria, bahkan sifat emosional itu dipandang sebagai kelemahan. Tidak percaya? Kalian pasti sering mendengar kalau menangis adalah hal yang terlalu girly, atau, wanita itu terlalu gampang sedih atau marah. Apa benar? Secara ilmiah, otak wanita memang berbeda dengan pria karena ada bagian tertentu yang lebih terlatih untuk mengekspresikan emosi serta berempati dengan orang lain. Jadi, sebenarnya, justru itulah salah satu kelebihan yang dimiliki wanita. Selama tau mengendalikannya, ‘kecerdasan emosional’ ini adalah salah satu kualitas yang dapat membantu seorang wanita unggul baik di pekerjaan maupun kehidupannya sehari-hari.

Mitos 2. Tempat wanita adalah di rumah saja

Apa kalian masih sering mendengar statement seperti ini? “Apa sih gunanya seorang wanita sekolah tinggi-tinggi, akhirnya ‘kan cuma akan menikah dan jadi ibu rumah tangga.” Sayangnya, pemikiran ini masih banyak beredar di jaman sekarang, meskipun banyak wanita sudah menentang mitos ini dan mengejar karir seperti dokter, atlet, dan wirausaha. Nyatanya, dengan terbukanya akses pendidikan dan informasi sekarang ini, wanita seharusnya belajar dan bekerja sebaik mungkin dan tidak termakan pemikiran salah tersebut. Sekarang ini juga banyak rumah tangga dimana suami dan istri sama-sama bekerja untuk menambah pendapatan keluarga, jadi apa benar kalau wanita seharusnya di rumah saja?

Mitos 3. Wanita tidak pintar mengelola uang

Wanita sering digambarkan sebagai orang-orang boros yang mudah tergoda untuk menghabiskan uangnya, untuk belanja dan berbagai hal lainnya. Namun, studi yang dilakukan oleh Fidelity Investments justru menunjukkan kalau wanita bisa menabung 0.4% lebih banyak daripada pria! Wanita juga banyak dipercaya untuk mengatur keuangan baik di rumah tangga ataupun perusahaan, karena ketelitiannya.

Apa menurutmu mitos-mitos di atas masih sering ditemui di sekitar kamu? Di bulan Kartini ini, sebagai wanita, yuk jangan biarkan mitos atau stereotipe apapun membatasi kamu tentang bagaimana menjadi seorang wanita sejati! Let’s celebrate and embrace our identity as a woman and break free from any limits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *