#EmbraceYourBetterSelf, healthy lifestyle, Teh Detox

Friendship Check-Up: Awasi Tanda-Tanda Ini Dalam Persahabatanmu!

Hai Teatoxers, apa kamu tau kalau bulan ini adalah bulan perayaan Hari Persahabatan internasional?

Karena itu Teatox & Co. mau membahas pentingnya support system yang baik dalam hidup kita! Sama seperti tanaman yang perlu lingkungan yang baik untuk bertumbuh, kita juga butuh lho inner circle yang mendukung perkembangan diri kita! Kalau kamu sendiri gimana nih, apa kamu dikelilingi teman-teman yang suportif, atau malah toxic untuk hidup kamu? Hati-hati dengan 3 tanda ini dalam inner circle kamu!

1. Mereka menghasut kamu ke dalam kebiasaan buruk

Riset sudah membuktikan kalau kamu dikelilingi teman-teman yang merokok, maka kamu pun hampir pasti menjadi perokok juga. Selain itu jika kamu perokok yang dikelilingi teman-teman yang tidak merokok, kemungkinan kamu berhenti merokok bisa meningkat 36 persen! Memang sih merokok hanya salah satu contoh kasus, tapi banyak kebiasaan buruk lain yang bisa saja menjerat kita hanya karena sahabat di sekitar kita. Mungkin kebiasaannya kamu anggap sepele, seperti memboroskan uang, atau kebiasaan yang lebih berat seperti merokok dan pola makan yang tidak sehat. Kamu membutuhkan teman yang memotivasi kamu untuk melakukan kebiasaan baik, dan bukannya mengolok kamu jika kamu tidak mengikuti kebiasaan buruk mereka.

2. Mereka tidak mendukung mimpi kamu

Apa yang menjadi impian terbesar kamu, atau setidaknya resolusi kamu untuk tahun ini? Coba deh sharing mimpi itu dengan sahabat kamu dan perhatikan reaksi mereka. Inner circle yang positif seharusnya menjadi tempat nyaman untuk kamu menceritakan mimpimu tanpa diremehkan. Jika teman-teman terdekatmu malah bersikap pesimis dan merendahkan pada mimpimu, mungkin kamu harus mempertimbangkan ulang inner circle-mu. Meraih mimpi sudah cukup sulit tanpa ditambah negativitas dari sahabat yang tidak bisa mendukungmu!

3. Mereka terlalu banyak menuntut dan mengatasnamakan persahabatanmu

“Bisa tolongin aku dengan ini nggak? Kan kita temenan!” “Aku kan temanmu, masa kamu nggak mau lakuin ini buat aku?” Pernahkah kamu mendengar kata-kata seperti ini dari seorang sahabat? Sahabt memang ada untuk tolong-menolong, tapi bedakan dengan teman yang selalu menuntut terlalu banyak dari kamu. Inner circle yang baik tidak akan menuntut di luar kemampuan kamu, dan mereka pun tidak segan membantumu saat kamu butuh.

Jadi, apa kalian bisa menemukan tanda-tanda ini di sahabat terdekat kalian? Jika iya,

mungkin sudah saatnya kalian mempertimbangkan ulang inner circle kalian, dan mendetoks diri kalian dari mereka! Jangan sia-siakan waktu kamu dengan lingkungan persahabatan yang toxic ya, Teatoxers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *