#EmbraceYourBetterSelf, healthy lifestyle, Teh Detox

Pengaruh Buruk Toxic People terhadap Kesehatan

Welcome back, dear! Masih dalam semangat tahun baru, yuk kita detoks untuk kebaikan tubuh kita, khususnya dari toxic people yang bisa membawa efek buruk bagi fisik dan mental kita. Seperti telah dibahas sebelumnya, toxic people memang harus kamu jauhi untuk memiliki hidup yang toxic-free.

Semua orang tentunya ingin tubuh yang sehat. Segala cara kita lakukan, seperti makan sehat, ikut program gym, dan lain sebagainya. Tapi, terkadang kita tidak sadar ada faktor lain yang mempengaruhi kesehatan kita, yaitu kualitas hubungan kita dengan orang lain. Apa yang terjadi pada tubuh kita kalau kita terus menerus berhubungan dengan toxic people?

1. Self-esteem yang rendah

Self-esteem adalah bagaimana cara kita menilai dan menghargai diri kita sendiri. Toxic people bisa mengacaukan cara pandang kita terhadap diri kita dengan kata-kata seperti, “Ini semua salahmu!”, “Kamu memang tidak bisa!”, dan kata-kata lain yang merendahkan. Jika kamu tidak cukup percaya diri, tentunya kalimat seperti tadi akan sangat menyakitkan dan malah merusak self-esteem kamu. Itu akan membuat kamu sulit menikmati hidup sebagai diri kamu sendiri dan bahkan bisa berujung pada gejala depresi.

2. Stres

Stres adalah salah satu dampak paling jelas dari hubungan yang toxic, baik itu dengan keluarga, sahabat, ataupun pasangan. Ketika berhadapan dengan tekanan dari toxic people, tubuh kita berada dalam mode “fight-or-flight”, mode yang sama seperti saat kita menghadapi situasi panik dan mengancam. Alhasil, tubuh kita kelebihan adrenalin yang bisa memicu stres, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Baca Juga : Journey Back To Fit

3. Kekebalan tubuh yang lemah

Jika kamu mudah sakit, mungkin penyebabnya bukan karena kurang istirahat atau kesibukan yang menumpuk. Toxic people juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu! Ini dikarenakan hormon stres yang diproduksi tubuh saat terus-menerus terpapar lingkungan yang negatif atau toxic membuat kita lebih rentan terkena penyakit fisik maupun mental. Hubungan toxic juga membuat kita lebih mudah menderita anxiety, bahkan memperpendek umur kita.

Kenyataannya, berada dalam lingkungan yang positif luar dalam adalah senjata terbaik kita melawan stres. Ayo sayangi tubuh dan pikiran kita dengan menjauhkan diri dari toxic people yang ingin merampas ketenangan kita. Brew good and fill our life with positivity so no toxic people can poison our happiness and health!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *